Sponsor

Kamis, 31 Januari 2013

apresiasi tentang tari remo


   
·        PERSEPSI
Tari Remo merupakan tari selamat datang khas Jawa Timur yang menggambarkan kharakter dinamis Masyarakat Surabaya / Jawa Timur Yang dikemas sebagai gambaran keberanian seorang pangeran.
·        PENGETAHUAN
Tari Remo berasal dari Malang, Jawa Timur. Tarian ini pada awalnya merupakan tarian yang digunakan sebagai pengantar pertunjukan ludruk. Namun, pada perkembangannya tarian ini sering ditarikan secara terpisah sebagai sambutan atas tamu kenegaraan, ditarikan dalam upacara-upacara kenegaraan, maupun dalam festival kesenian daerah. Tarian ini sebenarnya menceritakan tentang perjuangan seorang pangeran dalam medan laga. Akan tetapi dalam perkembangannya tarian ini menjadi lebih sering ditarikan oleh perempuan, sehingga memunculkan gaya tarian yang lain: Remo Putri atau Tari Remo gaya perempuan.
Menurut sejarahnya, tari remo merupakan tari yang khusus dibawakan oleh penari laki – laki. Ini berkaitan dengan lakon yang dibawakan dalam tarian ini. Pertunjukan tari remo umumnya menampilkan kisah pangeran yang berjuang dalam sebuah medan pertempuran. Sehingga sisi kemaskulinan penari sangat dibutuhkan dalam menampilkan tarian ini.
·        PENGERTIAN
Tari Beskalan adalah bentuk tari putri yang bersumber dari tari ritual, khususnya sebagai medium upacara yang erat kaitannya dengan eksistensi bumi atau tanah,yaitu "kesuburan", sekitar tahun 1930-an berkembang menjadi bentuk tari yang berkaitan erat dengan pertunjukan “andong”, sejenis Tayub yang pertunjukan secara berkeliling di desa-desa. Penari yang pernah populer di wilayah Malang Timur (sekitar Tumpang) adalah Rasimoen. Karena dalam pertunjukan "Andong" pada umumnya dimainkan para laki-laki.
Bahkan sebelum tari Remo Surabaya masuk sebagai tari pembukaan pada pertunjukan Ludruk. Di Malang menggunakan tari Beskalan. Tari Beskalan mulai tergeser ketika bentuk tari Remo dari Surabaya mulai populer, yaitu sekitar tahun 1920-an. Menjeleng tahun 1970-an, pertunjukan Tayub mulai mencari alternatif bentuk tari pembukaan,karena selama ini semua pertunjukan tayub di Jawa Timur menggunakan tari Pembuka dengan tari Gambyong.Pada mulanya sebagian menggunakan tari Beskalan, tetapi pada perkembangan selanjutnya tari Beskalan dianggqap sangat sulit, karena tidak mempunyai struktur tari yang sangat ketat, maka berpindah menggunakan remo. Daya tari utama adalah penari wanita yang menarikan atau bergerak secara maskulin, hal ini sangat menarik bagi para penggemar tayub, khususnya di Malang.
Tari remo adalah tari putra yang berkaitan dengan pertunjukan ludruk, yaitu berfungsi sebagai tarian pembukaan.
1.PengertianRemo
1. Remo berarti rambut, karena dalam tari remo ada gerakan yang mempermainkan rambut yaitu salah satunya disebut : tatasan ure rekmo (mengurai rambut).
2. Remo berasal dari kata jawa remong yang artinya : sampur, karena tarian tersebut sangat dominan menggunakan sampur.
2.AsalUsulTariRemo
Tari remo mulai muncul sejak tahun 1907, penari yang ikut mempopulerkan tari Remo pada Ludruk Malang adalah Said Djayudi. seiring dengan munculnya pertunjukan besud atau besutan. Kemudian berkembang dengan lahirnya ludruk lerok, dan mencapai bentuk kesempurnaan sekitar tahun 1950-an seiring dengan keberadaan pertunjukan ludrug.
1.FungsiTari
Tari remo murni merupakan tari pertunjukan, turut berkembang dengan perkembangan besud, dan ludrug.
·        ANALISA
ü  Musik : tarian ini diiringi dengan musik gamelan dalam suatu gending yang terdiri dari bonang, saron, gambang, gender, slentem, siter, seruling, ketuk, kenong, kempul dan gong dan irama slendro.
ü  Costum : penarinya menggunakan jenis kostum yaitu sawonggaling atau gaya surabaya yang terdiri dari bagian atas hitam yang menghadirkan pakaian abad 18,celana bludru hitam dengan hiasan emas dan batik.dipinggang ada sebuah sabuk dan keris .dipaha kanan ada selendang menggantung sampai kemata kaki. penari perempuan memakai simpul(sanggul)di rambutnya.
ü  Gerakan : Karakteristika yang paling utama dari Tari Remo adalah gerakan kaki yang rancak dan dinamis. Gerakan ini didukung dengan adanya lonceng-lonceng yang dipasang di pergelangan kaki. Lonceng ini berbunyi saat penari melangkah atau menghentak di panggung. Selain itu, karakteristika yang lain yakni gerakan selendang atau sampur, gerakan anggukan dan gelengan kepala, ekspresi wajah, dan kuda-kuda penari membuat tarian ini semakin atraktif.
·        PENILAIAN
Tari ini sangat bagus, karena dalam tari ini mengandung unsur karakteristik. Dari pembelajaran tari ini kita bisa membudayakan kesenian tari dinegara kita, dan kita bisa mempunyai karakteristik yang baik bagi kehidupan sehari-hari.
·        APRESIASI
Remo berarti rambut, karena dalam tari remo ada gerakan yang mempermainkan rambut yaitu salah satunya disebut : tatasan ure rekmo (mengurai rambut).
2. Remo berasal dari kata jawa remong yang artinya : sampur, karena tarian tersebut sangat dominan menggunakan sampur.
Tari remo mulai muncul sejak tahun 1907, penari yang ikut mempopulerkan tari Remo pada Ludruk Malang adalah Said Djayudi. seiring dengan munculnya pertunjukan besud atau besutan. Kemudian berkembang dengan lahirnya ludruk lerok, dan mencapai bentuk kesempurnaan sekitar tahun 1950-an seiring dengan keberadaan pertunjukan ludrug. Tari remo murni merupakan tari pertunjukan, turut berkembang dengan perkembangan besud, dan ludrug.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Poskan Komentar

jangan lupa memberi komentar ya sob, karena komentar anda berpengaruh terhadap perkembangan blog ini. tapi yang harus kalian ketahui hal-hal yang perlu diperhatikan untuk komentar di yusuf randy blog :

1. Komentar yang bernada spam jelas tidak akan saya publish
2. Komentar atau link yang mengandung promosi jelas tidak akan saya publish
3. Komentar yang tidak ada kaitan dengan postingan jelas tidak akan saya publish
4. Untuk komentar yang sekadar mengucapkan : terima kasih atas info nya, artikel yang sangat bermanfaat, dan sejenisnya kemungkinan besar tidak saya publish
5. Komentar yang berbau SARA , jelas tidak akan saya publish

Demikian yang menjadi perhatian sobat blogger, mohon maaf bila ada sobat yang tidak berkenan dengan aturan di atas. Terima kasih dan happy blogging :)